+62 21 2251 2744

+62 812 8848 1182 (WA)

©2018 by Coding Bee Academy.

Search

Bahasa Coding akan Masuk Kurikulum Pendidikan. Apakah Itu Ide yang Bagus?




Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, Nadiem Makarim mengeluarkan beberapa gagasan baru dalam bidang pendidikan. Sejak sebelum menjabat sebagai menteri, Nadiem Makarim sudah menyoroti beberapa hal di bidang pendidikan. Menurutnya, ada beberapa hal yang sifatnya wajib sehingga harus ada dalam kurikulum pendidikan yang diajarkan di sekolah.


Nadiem memberi contoh para tokoh besar di bidang teknologi yang kini perusahaannya sudah menjadi perusahaan teknologi raksasa seperti Bukalapak, Traveloka, bahkan Gojek sendiri. Oleh karena itu teknologi dianggap sebagai hal yang wajib dikenalkan pada seluruh remaja terutama sejak di bangku sekolah.


Sebenarnya banyak hal yang dianggap Nadiem sebagai point yang penting untuk diajarkan. Dan Bahasa Coding menjadi salah satu diantaranya. Menurutnya, dunia nyata saat ini mulai dikendalikan oleh kode-kode virtual. Bisa dilihat dari saat ini hampir semua lini di kehidupan menggunakan produk coding.



"Dulu kita bangun pakai semen, pakai bata, pakai pondasi, pakai baja. Nah, di dunia digital semua itu dibangun secara virtual. Artinya kita butuh membangun virtual-virtual ini, yaitu coder. Kalau kita tidak bisa menguasai bahasa koding, maka kita tidak akan bisa membangun dunia ini, virtual kita." tuturnya


Selain Bahasa Coding, ada poin lain diantaranya Statistik, Psikologi, dan juga Bahasa Inggris.


Kira-kira apakah gagasan di atas sudah cukup bagus untuk Pendidikan Indonesia ke depan yang lebih baik? Bagaimana menurut Anda?